Kamis, 31 Desember 2015

Tanah Bersertifikat Dikuasai Orang Begini Mengatasinya

Sengketa tanah - sangat mengesalkan memang bila ada diantara kita yang memiliki sebidang tanah dan memiliki sertifikat tanah ternyata diserobot oleh orang lain. Mungkin kejadian ini pernah menimpa anda dan bingung bagaimana cara merebut hak kita selaku pemilik sah terhadap tanah tersebut mungkin artikel ini akan dapat membantu.

Biasanya kebanyakan kepemilikan tanah bersertifikat yang diserobot orang terjadi karena kurang pedulinya kita terhadap aset yang pernah kita miliki. Beberapa kasus nyata terjadi karena kita terlalu mempercayakan tanah tersebut kepada orang lain untuk dikelola, nah seiring bergantinya tahun kemudian orang yang anda percaya untuk mengelola ini kemudian membuatkan akta tanah baru tanpa sepengetahuan anda dengan maksud buruk.

sertifikat tanah


Untuk mengatasi tanah diserobot orang ini caranya adalah sebagai berikut :

  1. Anda atau kuasa hukum yang telah anda tunjuk untuk segera mengajukan penyelesaian sengketa tahan atau lahan yang kalian miliki dengan dugaan adanya tumpang tindih atas surat tanah atau sertifikat terhadap tanah atau lahan yang disengketakan ke kantor dinas pertanahan setempat.
  2. Bilamana cara diatas belum memberikan hasil yang memuaskan, anda bisa menempuh jalur hukum dengan melaporkan terduga penyerobot lahan tersebut dengan dugaan penyerobotan lahan, Pidana mengenai hal ini sudah diatur dalam KUHP pasal 385 ayat ( 1 ) dengan ancaman hukuman penjara paling lama selama 4 tahun.
  3. Anda juga bisa menghubungkan perkara ini dengan dugaan pemalsuan surat otentik yang juga telah diatur didalam KUHP pasal 264 ayat ( 1 ) dengan ancaman hukum pidana maksimal selama 8 tahun.
  4. Kemudian anda juga bisa menempuh upaya hukum Tata Usaha Negara atau TUN dengan cara mengajukan gugatan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN ) yang membawahi obyek lahan / tanah dengan mengajukan pembatalan terhadap Keputusan Tata Usaha Negara ( KTUN ) yang mana berupa surat sertifikat tanah yang telah diterbitkan kepada si penyerobot lahan tadi.


Nah demikianlah bagaimana cara mengatasi tanah yang diserobot orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel diatas bisa memberikan pencerahan kepada anda yang kemungkinan memiliki masalah penyerobotan tanah atau lahan. Semoga membantu.


Tanah Bersertifikat Dikuasai Orang Begini Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AdsNewbie

5 komentar:

  1. #oot , agan saya mau bertanya boleh gak ? soalnya ini penting tentang pemasangan iklan dialam artikel, soalnya punyaku gagal mulu saat pemasangan iklan, mohon min bantu saya ,,, ini akun fb saya https://m.facebook.com/irfan.a.musthofa.1?ref=bookmarks , terima kasih , semoga anda selalu sehat ,,, Aamiin

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Mungkin cara pemasangan nya yang salah, ata template yang tidak support untuk memasang iklan ditengah. Perhatikan kode < data:post.body > yang diapit sama kode < p >,

    seperti ini < p >< data:post.body >< p > maka akan selalu gagal jika dipasang iklan ditengah artikel, pastikan menghapus kode < p > nya.

    BalasHapus